Sabtu, 15 Oktober 2011

Menghilangkan Virus Shortcut di Flash Disk

Posted By: Wikarso Fahri - 09.15

Share

& Comment

Jenis-jenis virus sekarang sangat banyak sekali, mulai dari virus yang ‘rendahan’ sampai virus ganas dan mematikan. Wah, bahasanya sedikit berlebihan! Ya.... tentu saja bukan mematikan penggunanya, tetapi bisa mematikan program. Bahkan bisa terjadi mematikan (melumpuhkan) komputer.

Salah satu variant virus yang saat ini populer (kaya artis) adalah virus shortcut, kurang tahu nama ilmiahnya apa. Virus ini banyak menjangkiti komputer-komputer terutama yang terhubung ke internet langsung, seperti warnet-warnet dan flash disk-flash disk yang sering gonta-ganti pasangan.



Virus ini (shortcut) sangat mudah menyebar dan menginfeksi flash disk. Terutama flash disk yang terhubung ke komputer yang lebih dulu terinfeksi virus ini. Munculnya virus ini di flash disk memunculkan beberapa gangguan seperti muncul shortcut dari folder-folder yang tempatnya di root flash disk. Semakin banyak folder, maka semakin banyak pula shortcutnya. Tapi untunglah, folder yang dipalsukan hanya folder yang terletak di root flash disk saja dan tidak menduplikasi sub folder berikutnya. Selain itu, munculnya virus ini memberi kesan kumuh dan tidak teratur. Dan tentu saja ciri khas dari virus jenis ini akan mengganggu jalannya program dan mengganggu kinerja sampai merusak program. Untuk menangkal masuknya virus ini ke komputer maupun ke flash disk alangkah baiknya pasang antivirus yang ampuh. Jenis-jenis virus yang ampuh dan dapat menangani jenis virus ini silahkan pembaca cari di internet.

Hal yang perlu dilakukan ketika flash disk kita terserang virus shortcut adalah :

Pertama; Tenangkan diri, jangan tegang karenanya. Karena ketegangan dan kekhawatiran dapat memunculkan sikap berlebihan. Padahal virus shotcut ini adalah tergolong virus biasa dan mudah untuk dimusnahkan. Asalkan kita tahu cara membasminya. Ibarat hama, kita tahu cara menghancurkan dan memusnahkan hama. Hehehe…

Kedua; Pikirkan dengan baik dan ikuti prosedur yang tepat untuk menanganinya. Cara pertama yang harus dilakukan adalah menghapus sumber datangnya virus tersebut. Karena sebenarnya shotcut yang muncul di dalam flash disk adalah hanya sekedar pengalih perhatian, sehingga kita terkecoh dengannya. Padahal sumber asli/ virus-otak utama di dalamnya- bersembunyi dibalik folder yang hidden (tersembunyi)

Untuk memunculkan folder tersembunyi tempat virus bersarang, kita tinggal menampilkan Folder Options yang ada pada Windows Explorer, yaitu dengan cara klik Tools → Folder Options → pada tab View, pilih Show hidden files and folder.



Jika cara ini kurang berhasil, maka lihatlah dengan bantuan program WinRAR. Dengan cara mengarahkan direktori pada flash disk kita. Klik File → change drive → pilih drive flash disk kita.



Jika cara ini pun kurang berhasil maka gunakanlah cara paksa untuk memunculkan folder superhidden. Caranya, bukalah program Command Prompt dengan cara klik Start → Program/ All Programs → Accessories → Command Promtp. Ketika telah muncul jendela Command Prompt, bukalah direktori flash disk kita dengan menuliskan drive kita. Misalkan di G maka tuliskan “G:” (tanpa tanda petik) dan tekan enter. Setelah itu tuliskan perintah untuk memunculkan folder atau file tersembunyi dengan cara ketik “attrib *.* -s –h /s /d” atau bisa dilihat fungsi masing-masing kode tersebut dengan mengetikkan “attrib /?”.

Memunculkan folder/ file yang tersembunyi bisa juga dilakukan dengan bantuan antivirus Smadav. Bukalah jendela utama aplikasi Smadav. Scan flash disk menggunakan antivirus tersebut. Jika terdapat file/ folder tersembunyi akan mudah terlihat di daftar file/ folder tersembunyi. Klik Unhide untuk memunculkan file/ folder yang tersembunyi tersebut.

Setelah proses berjalan, akan muncul folder atau file yang tersembunyi. Nah, di sinilah folder ‘markas’ virus itu muncul, biasanya terdapat dalan folder RECYCLE. Hapus folder tersebut.

Ketiga; Hapus shotcut-shotcut yang mengganggu pandangan mata. Supaya menghapus secara efisien, gunakanlah pengurutan berdasarkan tipe “short by”. Dan yang teridentifikasi sebagai shortcut maka hapuslah.

Cara ini tidak akan berhasil jika computer atau laptop yang digunakan untuk menghapus virus shortcut sudah terinfeksi virus. Maka alangkah baiknya, sebelum terjadi, installah anti virus yang ampuh untuk menanganinya.

Demikian, semoga bermanfaat

About Wikarso Fahri

Bloge Wikarso merupakan blog yang berisi tutorial sederhana, tips dan trik komputer. Mengangat tulisan-tulisan lokal di desa dan kecamatan. Bloge Wikarso telah bertransformasi menjadi media publik yang menyuarakan keunikan terpendam dari Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal, sebuah daerah di pantura Tegal.

2 komentar:

  1. Sederhana tapi menarik..
    Mantap gan :)

    BalasHapus
  2. Kalau ga salah itu virusnya Conficker. Dulu komputer saya sempet kena virus ini juga. Akhirnya bsia dibersihin total sih, tapi beberapa file aplikasi saya jadi ada yg kepaksa dihapus & mesti diinstall ulang

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan di BlogeWikarso. SIlahkan berkomentar jika ada hal yang perlu dikomentari atau ditambahkan. Segala yang benar datangnya dari Allah Subhanahu wa Ta'ala dan kesalahan datangnya dari syaitan.

Copyright © 2013 Bloge Wikarso™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.